Ferrari Purosangue: Akhirnya Ferrari Bermain SUV

Tetap dengan DNA Ferrari yang kuat, Purosangue dibekali mesin V12, dengan tenaga mencapai 725 PS.

KENDARA.ID – Hai Para Pengendara! Setelah penantian yang cukup panjang, Ferrari resmi terjun ke segmen SUV dengan meluncurkan Purosangue. Selain menjadi SUV Ferrari yang pertama, mobil ini juga adalah mobil produksi Ferrari pertama konfigurasi 4 pintu. Untuk nama Purosangue di ambil dari seekor kuda dengan darah murni yang cukup dikenal di Italia.

Kesan rendah dan lebar didukung oleh panjang yang mencapai 4.973 mm, lebar 2.028 mm, tinggi 1.589 mm serta wheelbase 3.018 mm, dipadukan pelek 22 inci (depan) dan 23 inci (belakang). Lampu depannya sendiri terinspirasi Ferrari SF90 Stradale yang memiliki kesan agresif.

Sasisnya dibuat dari nol, lalu pintunya mengadopsi model suicide door dengan bukaan elektrik. Purosangue juga telah dilengkapi atap carbon fiber dengan tujuan membuat bobot kendaraan lebih ringan dan center of gravity yang lebih rendah guna menciptakan pengendalian dan handling yang lebih baik lagi.

Dari foto yang dirilis oleh Ferrari, terlihat interiornya mengadopsi warna krem yang terkesan mewah daripada sporty. Paling menarik adalah desain dashboardnya yang simetris antara pengemudi dan penumpang depan, untuk layar head unit Ferrari meletakkannya persis di depan penumpang depan. Lalu jok belakang menggunakan semi bucket dan dilengkapi armrest.

Purosangue ditenagai mesin 6.500 cc V12 naturally aspirated bertenaga 725 PS dan torsi 716 Nm, yang sanggup melesatkannya dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik serta top speed 310 km/jam. Mesinnya diletakkan dengan layout mid-front dan dipasangkan dengan girboks 8-speed DCT serta menyalurkan tenaga ke empat rodanya.

Harganya mulai 390.000 euro di Italia atau setara Rp 5,82 miliar. Apabila masuk ke Indonesia, kira-kira berapa ya harganya?