Terdaftar Di Samsat, All New Honda HR-V RS Versi Indonesia Gunakan Mesin 1.5 Turbo?

Empat tipe HR-V yang diduga adalah All New HR-V telah terdaftar di database Samsat DKI Jakarta, salah satunya tipe RS bermesin 1.5 turbo.

KENDARA.ID – Honda HR-V pertama kali diperkenalkan pada September 2014 di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sebagai model prototype pajangan. Kemudian, crossover ini baru mulai dipasarkan pada awal 2015 dan sejak saat itu menjadi satu-satunya mobil di kelasnya yang sukses besar di pasar Indonesia. Nama besar Honda, desain yang menarik, bodi kompak dengan ground clearance tinggi serta kabin lega menjadi resep kesuksesannya.

Kemudian, HR-V mendapat facelift di ajang GIIAS 2018 di Agustus 2018 dan sejak saat itu tidak mengalami perubahan berarti. Generasi terbaru HR-V (atau Vezel di Jepang) dirilis pertama kali di Negeri Sakura pada Februari 2021 lalu dan diprediksi akan menjadi model yang diperkenalkan disini. Dengan siklus hidup produk Honda global rata-rata sekitar 6-7 tahun, sepantasnya pada 2022 mendatang All New HR-V hadir di Indonesia.

Tanda-tanda kehadiran All New HR-V 2022 muncul dari database Samsat DKI Jakarta, dimana ada empat tipe tambahan HR-V yang terpisah dari tipe lainnya. Empat tipe tersebut adalah 1.5 S CVT, 1.5 E CVT, 1.5 SE CVT dan 1.5T RS CVT. Walaupun empat tipe tersebut belum tentu kepunyaan All New HR-V karena tidak disertakan dengan kode bodi yang memberikan informasi generasi dan mesin, bila dibandingkan dengan tipe HR-V sekarang susunannya agak berbeda. Karena, saat ini, HR-V tersedia dengan tipe 1.5 S M/T, 1.5 S CVT, 1.5 E CVT, 1.5 SE CVT dan 1.8 Prestige CVT.

Artinya, tipe S bertransmisi manual dihapus, kemudian tipe 1.8 Prestige digantikan tipe 1.5T RS yang merujuk pada penggunaan mesin turbo. Penggunaan mesin 1.5 turbo ini cukup menarik, karena selama ini mesin tersebut baru digunakan Honda pada mobil-mobil yang lebih besar seperti Civic, CR-V dan Accord. Mesin tersebut sempat digunakan pada HR-V spek Eropa tahun 2018-2020 (generasi sebelumnya), namun untuk generasi baru HR-V atau Vezel di Jepang dan Eropa saat ini pilihannya hanya ada mesin 1.5 bensin dan 1.5 hybrid e:HEV.

Pada HR-V 1.5 VTEC Turbo spek Eropa yang sempat beredar, mesin yang digunakan berkode L15B7 dengan tenaga 185 PS, dibawah CR-V Turbo (190 PS) namun diatas Civic Turbo (173 PS), serta dengan torsi 240 Nm. Walaupun belum tentu tenaga tersebut akan digunakan pada HR-V Turbo spek Indonesia, namun sudah pasti akan merupakan upgrade dari mesin 1.8 i-VTEC sekarang yang menghasilkan 141 PS dan 174 Nm.

Melihat pola dari City Hatchback dan All New BR-V, diperkirakan untuk All New HR-V selain tipe RS akan ditenagai mesin 1.500 cc i-VTEC yang telah diupgrade dengan DOHC dengan tenaga 121 PS dan torsi 145 Nm.

 

Desain All New HR-V sendiri lebih minimalis dan mengotak, serta lebih minim lengkungan dibanding HR-V yang sekarang. Bagian belakang didominasi lampu belakang LED yang melebar dari kiri ke kanan, sementara handle pintu belakang yang tersembunyi di sebelah jendela khas HR-V tetap dipertahankan.

Interiornya terlihat lebih minimalis dengan elemen desain yang sedang ngetren, yaitu kisi AC yang memanjang dari kiri ke kanan memberi kesan lebar dan rapi. Head unit kini dilengkapi Honda Connect berfitur lengkap.Tak hanya itu, tipe tertentu mendapatkan dual sunroof berukuran besar. Konsol tengah tinggi khas HR-V digantikan oleh konsol tengah yang lebih rendah dan sederhana dengan dua cup holder.

Selain data tipe dari database Samsat DKI Jakarta ini, tanda lain yang memberi sinyal bahwa kedatangan All New HR-V semakin dekat adalah mulai wara-wirinya unit tes mobil tersebut di Thailand. Secara desain eksterior, tidak terlihat adanya perubahan signifikan dibandingkan All New Vezel/HR-V spek Jepang dan Eropa.

Kapan akan meluncur di Indonesia? Pada akhir 2021, kemungkinan Honda akan ‘sibuk’ dengan All New BR-V, All New Civic sedan RS dan All New City sedan, sehingga prediksi kami SUV ini akan dipasarkan pada awal 2022.

Buat owner HR-V, minat upgrade ke All New HR-V?