Toyota Fortuner dan Hilux Facelift Meluncur 4 Juni, Apa Saja Yang Berubah?

KENDARA.ID – Muncul desas-desus dari Thailand bahwa Toyota Fortuner facelift dan Toyota Hilux facelift akan dirilis pada awal Juni, tepatnya Kamis, 4 Juni 2020. Dikabarkan, peluncuran akan dilakukan online seperti peluncuran-peluncuran lainnya di masa pandemi ini.

Toyota Fortuner dan Hilux generasi ini sama-sama diluncurkan pada 2015 lalu, dan masuk Indonesia pada awal 2016. Artinya, sudah cukup lama kedua mobil tersebut melenggang di pasar tanpa adanya facelift. Apabila melihat pesaing abadinya, Mitsubishi Pajero Sport dan Triton, masing-masing sudah mendapatkan facelift di pertengahan 2019 dan akhir 2018.

Sebelum peluncuran, kami akan merangkum dulu bocoran-bocoran yang sudah beredar.

Untuk Fortuner, sebenarnya ubahan yang terbesar adalah mesin yang lebih bertenaga. Sayangnya, ubahan ini tidak relevan buat Indonesia karena mesin yang diubah cuma mesin 2.800 cc diesel 1GD-FTV yang notabene tidak dijual di Indonesia akibat sistem perpajakan disini. Mesin tersebut disetting ulang supaya dapat menghasilkan tenaga 204 hp (tadinya 177 hp) dan torsi sekitar 500 Nm (tadinya 450 Nm). Mesin 2.400 cc diesel 2GD-FTV tetap seperti semula tanpa ubahan. Kemudian, di sektor kaki-kaki dikabarkan akan ada sedikit ubahan pada setting suspensi.

Pada eksterior, sesuai sejumlah spy shot dan rekayasa digital yang beredar, ubahannya ada pada bumper depan-belakang, lampu depan-belakang, gril depan, handle pintu, pelek 18 inci baru (20 inci untuk tipe TRD). Untuk gril depan, khusus TRD Sportivo akan berwarna hitam, sementara tipe lain dihiasi dengan bilah krom.

Di interior, ubahannya ada pada speedometer baru (walaupun belum diketahui apakah telah mengadopsi TFT LCD seperti Pajero Sport baru). Semua tipe mendapatkan fitur telematic yaitu kontrol fungsi mobil dari smartphone, seperti menyalakan mesin atau melacak lokasi. Di head unit, kamera 360 derajat dan Apple CarPlay akan menjadi standar, lalu di dekat konsol tengah akan ada wireless charger. Kemudian, spion tengah dilengkapi dengan fitur auto dimming. Di bagian belakang, ada dua colokan USB baru.

Untuk tipe tertentu, diperkenalkan adaptive cruise control dan sejumlah fitur keselamatan lain yang termasuk dalam Toyota Safety Sense seperti Lane Departure Alert, Pre Collision System dan lain-lain. 7 airbag akan menjadi standar buat semua tipe. Di Thailand, akan ada kenaikan sekitar 20.000 baht (9,2 juta rupiah). Ada warna baru, yaitu Emotional Red dan Dark Blue Metallic.

Bagaimana dengan Hilux?

Sesuai sejumlah materi training yang bocor ke publik, berikut ini adalah rekayasa digital perkiraan Hilux facelift. Fascia depan berubah cukup drastis, dengan gril depan ala pick-up Toyota Amerika seperti Tacoma dan Tundra. Tipe tertentu mendapat lampu depan LED baru.

Selain itu, Hilux akan mendapatkan pelek baru untuk semua tipe, baik 17 inci dan 18 inci.

Ubahan lainnya mirip seperti Fortuner, misalnya penambahan fitur Toyota Safety Sense maupun fitur telematic. Mesin 2.8 dengan tenaga 204 hp juga akan hadir pada Hilux.

Gimana? Tidak sabar peluncuran Fortuner dan Hilux facelift? Nantikan kabarnya 4 Juni mendatang.